Sunday, 20 July 2008

Petua Ganache Yang Licin dan berkilat

Ramai orang confuse kenapa kalu melapis cake dengan ganache hasilnya selalu tdk licin? berketul-ketul..Mari kita liat apa rahasianya..cara2 melapis cake dengan ganache :-

Rahasia utk melapis cake dengan ganache menjadi cantik sebenarnya mudah saja..ikuti step by stepnya disini

1.Mula2 lapisi cake dengan freshcream atau buttercream, masukan sebentar dalam fridge sehingga buttercream/freshcream menjadi agak beku dan padat.

2.Tuang ganache perlahan lahan diatas cake.

3.Dengan bantuan spatula kecil (painting knives) ratakan ganache dengan cepat tapi dengan tekanan yg sangat perlahan sekali

4.buatlah selongsong dari kertas,masukkan ganache dan gunting ujungnya sedikit,dengan cepat cipratkan (pancitkan)ganache ke bagian tepi2 cake,dan biarkan ganache jatuh dengan natural.rapikan bagian bawah dan buang sisa2 ganachenya.

Resepi ganache :

200gr Dark Cooking Chocolate - potong kecil2
200gr Whipping cream

Cara :
masak whipping cream dengan cara double boil,ga usah tunggu sampai mendidih, cukup hangat2 aja, masukan DCC yang sudah dipotong2 kecil. aduk2 (kacau) sampai rata. quality chocolate yg bagus akan membuat ganache nampak berkilat, tapi apabila tak beruntung mendapatkan chocolate dengan kualitas yg bagus, masih ada tips dari sang pakar, masukan 1 sendok (sudu) makan butter kedalam ganache anda dan lihatlah ganache nampak berkilat dengan cantiknya :-)).

tapi kalau mau membuat hiasan seperti rose,etc dengan chocolate, lebih baik menggunakan komposisi seperti ini.

200g DCC
100g Whipping Cream

Caranya sama dengan membuat ganache utk melapisi cake hanya saja adonan ini perlu didiamkan barang semalam, sehingga keesokan harinya dapat digunakan.

3 comments: